KAB. DELI SERDANG
  • ADDRESS: Jl. Diponegoro No. 78 Lubuk Pakam 20511
PORTAL DELI SERDANG KAB.
Nama Jabatan Kepala dinas
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Bupati Melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi, Informatika, Statiska dan Persandian yang Menjadi Kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang Diberikan Kepada Kabupaten
Fungsi 1. Perumusan Kebijakan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Statistika dan Persandian
2. Pelaksanaan Kebijakan Sesuai dengan Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
3. Pelaksanaan Evaluasi dan Pelaporan Sesuai dengan Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
4. Pelaksanaan Administrasi Dinas Sesuai dengan Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
5. Pelaksanaan Fungsi Lain yang Diberikan oleh Bupati Terkait dengan Tugas dan Fungsinya
Uraian Tugas 1. Menetapkan Program Kegiatan Komunikasi dan Informatika Berdasarkan Hasil Evaluasi Kegiatan Tahun Sebelumnya dan Peraturan Perundang-Undangan yang Berlaku
2. Menetapkan Kebijakan Teknis di Sekretariat dan Bidang Komunikasi Publik, Bidang Informasi Publik, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Bidang Tata Kelola E-Gov, Persandian dan Statistik
3. Mengkoordinasikan Administrasi Dinas di Sekretariat dan Bidang Komunikasi Publik, Bidang Informasi Publik, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Bidang Tata Kelola E-Gov, Persandian dan Statistik
4. Mengkoordinasikan ke Instansi Terkait dalam Hal Komunikasi dan Informatika
5. Menetapkan Analisa Jabatan dan Beban Kerja
6. Menetapkan Standar Operasional Procedure Kegiatan Dinas
7. Melaksanakan Monitoring, Evaluasi, dan Menilai Prestasi Kerja Pelaksanaan Tugas Bawahan Secara Berkala Melalui Sistem Penilaian yang Tersedia
8. Membuat Laporan Pelaksanaan Tugas Kepada Atasan Sebagai Dasar Pengambilan Kebijakan
9. Menyampaikan Saran dan Pertimbangan kepada Atasan Secara Lisan maupun Tertulis Berdasarkan Kajian dan Ketentuan yang Berlaku Sebagai Bahan Masukan Guna Kelancaran Pelaksanaan Tugas dan Untuk Menghindari Penyimpangan
10. Melaksanakan Tugas Kedinasan Lain Sesuai dengan Perintah Atasan



Nama Jabatan Sekretaris
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala dinas Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan teknis dan administratif serta koordinasi pelaksanaan tugas dilingkungan dinas
Fungsi 1. Pengelolaan dan pelayanan administrasi umum dan perijinan
2. Pengelolaan administrasi kepegawaian dan perlengkapan
3. Pengelolaan administrasi keuangan
4. Pengelolaan administrasi perencanaan program
5. Pengelolaan urusan rumah tangga/asset dan barang milik negara/daerah
6. Pelaksanaan koordinasi penyusunan perencanaan program, anggaran, dan perundang-undangan
7. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas bidang
8. Pengelolaan kearsipan dinas
9. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi organisasi dan tatalaksana
10. Pelaksanaan koordinasi penyelesaian masalah hukum (non yustisial) dibidang kepegawaian
11. Pelaksanaan tugas administrasi umum dinas
12. Pelaksanaan koordinasi perencanaan jaringan teknologi informasi dan peliharaannya
Uraian Tugas 1. Merumuskan program kegiatan kesekretariatan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Merumuskan bahan pelayanan administratif Dinas dan kesekretariatan melalui administrasi umum dan kepegawaian dilingkup Dinas
3. Menginventariskan penataan sarana dan prasarana, perencanaan program dan keuangan
4. Menyusun prencanaan program kerja tahunan
5. Mengiventariskan pengerlolaan keuangan
6. Merumuskan bahan pembinaan pengelolaan dan pengendalian administrasi umum, kepegawaian, sarana dan prasarana, perencanaan program dan keuangan
7. Menginventariskan pelaksanaan tugas bidang-bidang
8. Merumuskan bahan Profil Dinas
9. Merumuskan bahan penyusunan perancangan peraturan bidang informasi dan informatika
10. Merumuskan urusan rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan Dinas
11.Melakukan Koordinasi instansi terkait dalam hal kesekretariatan
12. Merumuskan bahan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Kerja Dinas
13. Menyusun analisa jabatan dan beban kerja
14. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
15. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
16. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
17. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Sub Bagian Umum
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas pada lingkup sub bagian umum
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Umum berdasarkan hasil evaluasi kegaitan tahun sebelumya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Menyiapkan proses administrasi perkantoran melalui surat masuk dan surat keluar dan mengarsipkan
3. Menyiapkan invenntarisasi dan penataan sarana dan prasarana kantor
4. Menyiapkan pendistribusian surat-surat
5. Menyiapkan penggadaan dan pendistribusian barang di lingkup dinas
6. Menyiapkan pengamanan dan perawatan barang/perawatan inventaris serta gedung kantor
7. Menyiapkan pendataan inventaris barang/peralatan serta pemeriksaan barang secara berkala, dan keusulan rencana kebutuhan barang
8. Mengawasi pengawasan kebersihan kantor
9. Menyiapkan bahan pelaksanaan ke protokolan dan pengurusan administrasi perjalannan dinas
10. Menyiapkan bahan pelaporan inventaris barang dan gedung melalui bendahara barang
11. Menyiapkan bahan usulan kenaikan pangkat, mutasi, promosi, pendidikan, pelatihan serta kesejahteraan pegawai
12. Menyiapkan bahan analisa jabatan dan beban kerja
13. Menyiapkan urusan administrasi (cuti pegawai, kenaikan gaji berkala, pensiun, karpeg, karir/karsu)
14. Menyiapkan surat teguran kepada pegawai yang tidak mematuhi disiplin
15. Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal umum
16. Menyusun Standar Oprasional Prosedur (SOP) Sub Bagian Umum
17. Meyiapkan pelayanan pemakaian inventaris/aset perlengkapan dan peralatan kantor
18. Melaksakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
19. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
20. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
21. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Sub Perencanaan Bagian Program
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas pada lingkup sub bagian Perencanaan Program
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Perencanaan Program berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Menyiapkan pelaksanaan observasi kelapangan untuk menilaikebenaran dan keakuratan data
3. Menyiapkan daftar usulan kegiatan
4. menyiapkan pengolahan dan penyajian data dan informasi
5. Menyiapkan evaluasi terhadap program kerja yang sedang dan sudah berjalan
6. Menyipkan laporan secara berkala terhadap program kerja
7. Menyiapkan dan mengevaluasi program kerja sebagai bahan penyusunan Lakip
8. Melaksanakan Koordinasi keinstansi terkait dalam hal perencanaan program
9. Menyiapkan bahan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Sub Bagian Perencanaan Program
10. Menyiapkan pelayanan pemakaian inventaris/aset perlengkapan dan peralattan kantor
11. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
12. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
14. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Sub Bagian Keuangan
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas pada lingkup sub baguan Keuangan
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Keuangan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Menyiapkan pengawasan dan pengendalian penyaluran anggaran rutin atau belanja tidak langsung
3. Menyiapkan pengelolaan admistrasi keuangan, verifikasi dan pembendaharaan
4. Mengkoordinasikan dan memantau pelaksanaan anggaran pembangunan dan rutin atau belanja tidak langsung dan belanja langsung
5. Menyiapkan evaluasi pelaksanaan anggaran pembangunan, rutin dan anggaran subsidi
6. Menyipkan pemeriksaan dokumen dan tanda bukti penerimaan dan pengeluaran keuangan
7. Menyiapkan dan mempelajari peraturan-peraturan dan ketentuan/ pedoman-pedoman/ edaran-edaran yang berlaku
8. Menyiapkan laporan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
9. Melaksanakan Koordinasi keinstansi terkait dalam hal keuangan
10. Menyiapkan bahan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Sub Bagian Keuangan
11. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
12. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
14. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Bidang Komunikasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Komunikasi Publik
Fungsi 1. Pelaksanaan Perumusan program kerja bidang komunikasi publik
2. Perumusan kebijakan teknis bidang komunikasi publik
3. Penyusunan dan Pengkoordinasian kebijakan bidang komunikasi publik
4. Perumusan monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang komunikasi publik
Uraian Tugas 1. Merumuskan program kegiatanBidang Komunikasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Melaksanakan kebijakan teknis di bidang Komunikasi Publik
3. Menyusun norma standar prosedur dan kriteria penyelenggaraan bidang komunikasi publik di lingkup pemerintah daerah, untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah
4. Menganalisa pendapat umum (survei) jajak pendapat dan aduan masyarakat
5. Melaksanakan pembinaan dan Pengembangan komunikasi publik
6. Melaksanakan penerimaan sarana dan prasarana komunikasi publik
7. Melaksanakan kemitraan melalui kerjasama dengan mass media dan lembaga profesi/organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dan sebagainya dalam penyebaran indormasi
8. Melaksanakan kemitraan dengan lembaga pemantau media (dewan pers dan sebagainya) serta melaksanakan advokasi pers/non pers
9. Melaksanakan penguatan hubungan kemitraan melalui press wokshop, press special event, forum dialog/seminar dan jenis lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kemitraan media
10. Mengevaluasi tugas-tugas di seksi pengelolaan opini publik, sumberdaya komunikasi publik dan kemitraan komunikasi publik
11. Melaksanakan kegiatan komunikasi publik
12. Melakukan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal Bidang Komunikasi Publik
13. Merumuskan Standar Operasional Prosedur (SOP) Bidang Komunikasi Publik
14. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi keja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
15. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
16. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarakan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
17. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Komunikasi Publik dalam melaksanakan tugas dalam lingkup Seksi Pengeloalaan Opini Publik
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Seksi Penelolaan Opini Publik berdasarkan hasil kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Menyusun bahan kebijakan teknis pengelolaan opini publik
3. Menyiapkan bahan penyusunan norma standar prosedur dan kriteria penyelenggaraan bidang komunikasi publik lingkup pengelolaan opini publik untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah dareah
4. Melaksanakan pengelolaan opini publik dan isu yang beredar secara berkala dan berlanjut baik opini yang berkembang, opini yang positif maupun opini yang negatif
5. Menginventarisir pendapat umum (survei) jajak pendapat dan aduan masyarakat
6. Menyusun bahan analisa pengendalian dan pengelolaan opini publik dan isu yang berkembang di daerah
7. Mengolah data aduan masyarakat dan menindaklanjuti aduan masyarakat melalui sms cente, call center dan sebagainya
8. Melaksanakan monitoring dan menginventarisir perkembangan opini publik dan isu yang ada dan mengumpulkannya dari berbagai sumber-sumber serta berita-berita yang beredar pada media massa atau situs-situs internet
9. Melaksanakan Koordinasi keinstansi terkait dalam hal pengelolaan opini publik
10. Menyusun bahan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Seksi Pengelolaan Opini Publik
11. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
12. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
14. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Komunikasi Publik dalam melaksanakana tugas pada lingkup Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik
Uraian Tugas 1. Menyusun Menetapkan program kegiatan Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik berdasarkan hasil perundang-undangan yang berlaku
2. Menyusun bahan kebijakan teknis Sumber Daya Komunakasi Publik
3. Mepersiapkan kelompok Sumber Daya Komunikasi Publik
4. Menyusun bahan layanan Informasi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Kelompok Komunikasi Sosial dan Media Tradisional
5. Menyiapkan kegiatan penguatan kapasitas sumberdaya komunikasi publik melalui pengembangan dan pemberdayaan media tradisionil dan lembaga komunikasi sosial
6. Memverivikasi data kelompok sumber daya komunikasi publik untuk penerimaan sarana dan prasarana
7. Melaksanakan pertemuan dengan lembaga/kelompok komunikasi publik yang lainnya di Kabupaten melalui media interersonal
8. Melaksanakan penyebaran informasi melalui siaran keliling mobil unit
9. Melaksanakan pengelolaan media elektronik (radio pemerinah)
10. Menyusun data pemetaan dan registrasi lembaga-lembaga komunikasi sosial di daerah
11. Melaksanakan Kooardinasi ke instansi terkait dalam hal sumber daya komunikasi publik
12. Menyusun bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik
13. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala mealui sistem penilaian yang tersedia
14. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
15. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
16. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Komunikasi Publik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Kemitraan Komunikasi Publik
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Seksi Kemitraan Komunikasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Menyusun bahan kebijakan teknis Kemitraan Komunikasi publik
3. Merencanakan kemitraan melalui kerjasama dengan mass media dan lembaga profesi/ organisasi Persatuan Wartawan indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Indonesia(AJI) dan sebagainya dalam penyebaran informasi
4. Melaksanakan fasilitas advokasi dan koordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Komisi Penyiaran Indonesia tentang persyaratan penyelenggaraan penyiaran/ rekomendasi media elektronik
5. Merencanakan kemitraan dengan lembaga pemantau media (dewan pers dan sebagainya) serta melaksanakaan advokasi pers/ non pers
6. Merencanakan penguatan hubungan kemitraan melalui press workshop, press special event, forum dialog/ seminar dan jenis lainnya yang sesuai sengan kebutuhan kemitraan media
7. Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal kemitraan komunikasi publik
8. Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Kemitraan Komunikasi Publik
9. Melasanakan montoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
10. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
11. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
12. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Bidang Informasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Informasi Publik
Fungsi 1. Pelaksanaan Perumusan program kerja bidang informasi publik
2. Perumusan kebijakan teknis bidang informasi publik
3. Penyusunan dan Pengkoordinasian kebijakan bidang informasi publik
4. Perumusan monitoring
Uraian Tugas 1. Merumuskan program kegiatan Bidang Informasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Merumuskan dan Melaksanakan bahan kebijakan teknis di bidang informasi publik (norma standar prosedur dan kriteria) di lingkup pemerintah daerah, untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah
3. Mengevaluasi pengumpulan dan pengolahan data (kegiatan pemerintah daerah) dalam bentuk pendokumentasian untuk Pelayanan Informasi Publik
4. Mengevaluasi sistem dan Identifikasi Informasi Daerah
5. Menganalisa data kebutuhan fasilitasi sarana dan prasarana Informasi Publik
6. Mermuskan bahan fasilitasi dan verifikasi pengaduan masyarakat melalui website Pemerintah Daerah, Email ataupun sms dan sebagainya
7. Mengevaluasi tugas-tugas di seksi pengelolaan informasi publik, seksi layana informasi publik, dan seksi media publik
8. Mengevaluasi pengemasan ulang konten nasional menjadi konten daerah
9. Melaksanakan Penyelenggaraan Deseminasi Informasi melalui pertemuan bakohumas
10. Mengevaluasi hasil fasilitasi dan verifikasi pengaduan publik melalui website pemerintah daerah/email ataupun sms dan sebagainya
11. Melaksanakan penyelenggaraan layanan perencananaan komunikasi publik dan citra positif Pemerintah Daerah melalui press workshop, press gathering, press briefing dan sebagainya guna menjalin hubungan informasi dengan media massa/wartawan
12. Mengevaluasi bahan briefing notes dan surat embaca/hak jawab
13. Melaksanakan sosialisasi, dialog publik, seminar, lokakarya, sarasehan dan temu wicara dan sebagainya
14. Mengevaluasi dan merusmusakan permohonan media elektronik dan penempatan/pemasangan materi reklame melalui media luar ruangan dalam penerbitan rekomendasi
15. Merumuskan bahan pengelolaan saluran komunikasi media internal
16. Merumuskan bahan penyebaran informasi kebijakan melalui media pemda dan non pemda dibidang informasi publik
17. Mengkoordinir tugas-tugas di seksi pengolahan informasi publik, layanan informasi publik dan media publik
18. Menyusun bahan/data pendukung narasi tunggal untuk penyebaran informasi pada publik
19. Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal bidang informasi publik
20. Menyusun bahan Sttandar Operasional Prosedur (SOP) Bidang Informasi Publik
21. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
22. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
23. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



>
Nama Jabatan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Informasi Publik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Pengelolaan Informasi Publik
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Seksi Pengelolaan Informasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi publik
3. Menyusun data informasi untuk diolah sebagai informasi publik
4. Mempersiapkan layanan pemantauan tema komunikasi publiklintas sektoral lingkup nasional dan pemerintah daerah
5. Menyusun data kebutuhan sarana dan prasarana pengolahan informasi publik
6. Menghimpun bahan dan menyusun data informasi dari instansi terkait sebagai bahan penyebaran informasi publik
7. Menghimpun dan menyusun data informasi dari berbagai sumber untuk menjadi data base
8. Menghimpun dan menelaah bahan peraturan perundang-undangan dan pedoman ketentuan lain yang berkaitan dengan bidang informasi publik
9. Melaksanakan penyajian data hasil pembangunan daerah dan pelayanan publik melalui website pemerintah daerah dan sebagainya
10. Melaksanakan penyebaran informasi kebijakan nasional dan daerah
11. Melaksanakan sistem dan identifikasi, pemantauan terhadap informasi
12. Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal pengelolaan informasi publik
13. Mempersiapkam bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Pengelolaan Informasi Publik
14. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
15. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
16. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
17. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Layanan Informasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Informasi Publik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Layanan Informasi Publik
Uraian Tugas 1. Menyusun program kegiatan Seksi Layanan Informasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2. Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis layanan informasi publik
3. Mempersiapkan bahan dan data informasi untuk kebutuhan masyarakat
4. Melaksanakan mekanisme Layanan aduan Masyarakat di daerah
5. Melakukan pengolahan dan analisis data Layanan Informasi Publik menjadi Database Layanan Informasi Publik
6. Memfasilitasi kelembagaan Layanan Publik
7. Melaksanakan layanan informasi mealalui iklan layanan masyarakat dan advertorial di mass media
8. Mendistribusikan bahan-bahan inforrmasi melalui berita, pengumuman, press release dan sebagainya
9. Mempersiapkan bahan koordinasi dengan instansi di lingkungan pemeritah, Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mendapatkan bahan sajian pelayanan informasi
10. Menyiapkan kegiatan Penyelenggaraan Diseminasi Informasi melalui pertemuan bakohumas
11. Melaksanakan fasilitasi dan verifikasi pengaduan publik melalui website pemerintah daerah/email ataupun sms dan sebagainya
12. Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal layanan informasi publik
13. Mempersiapkam bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Layanan Informasi Publik
14. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
15. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
16. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
17. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Informasi Publik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Pengelolaan Informasi Publik
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Pengelolaan Informasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi publik
Menyusun data informasi untuk diolah sebagai informasi publik
Mempersiapkan layanan pemantauan tema komunikasi publiklintas sektoral lingkup nasional dan pemerintah daerah
Menyusun data kebutuhan sarana dan prasarana pengolahan informasi publik
Menghimpun bahan dan menyusun data informasi dari instansi terkait sebagai bahan penyebaran informasi publik
Menghimpun dan menyusun data informasi dari berbagai sumber untuk menjadi data base
Menghimpun dan menelaah bahan peraturan perundang-undangan dan pedoman ketentuan lain yang berkaitan dengan bidang informasi publik
Melaksanakan penyajian data hasil pembangunan daerah dan pelayanan publik melalui website pemerintah daerah dan sebagainya
Melaksanakan penyebaran informasi kebijakan nasional dan daerah
Melaksanakan sistem dan identifikasi, pemantauan terhadap informasi
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal pengelolaan informasi publik
Mempersiapkam bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Pengelolaan Informasi Publik
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Layanan Informasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Informasi Publik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Layanan Informasi Publik
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Layanan Informasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis layanan informasi publik
Mempersiapkan bahan dan data informasi untuk kebutuhan masyarakat
Melaksanakan mekanisme Layanan aduan Masyarakat di daerah
Melakukan pengolahan dan analisis data Layanan Informasi Publik menjadi Database Layanan Informasi Publik
Memfasilitasi kelembagaan Layanan Publik
Melaksanakan layanan informasi mealalui iklan layanan masyarakat dan advertorial di mass media
Mendistribusikan bahan-bahan inforrmasi melalui berita, pengumuman, press release dan sebagainya
Mempersiapkan bahan koordinasi dengan instansi di lingkungan pemeritah, Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mendapatkan bahan sajian pelayanan informasi
Menyiapkan kegiatan Penyelenggaraan Diseminasi Informasi melalui pertemuan bakohumas
Melaksanakan fasilitasi dan verifikasi pengaduan publik melalui website pemerintah daerah/email ataupun sms dan sebagainya
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal layanan informasi publik
Mempersiapkam bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Layanan Informasi Publik
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Media Informasi Publik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Informasi Publik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Media Informasi Publik
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Media Informasi Publik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis media informasi publik
Mempersiapkan penyelenggaraan layanan perencanaan komunikasi publik dan citra positif Pemerintah Daerah melalui press conference, press visit, press workshop, press gathering, press briefing dan sebagainya guna menjalin hubungan informasi dengan media massa/wartawan
Mempersiapkan bahan briefing dan surat pembaca/hak jawab
Menyiapkan kegiatan sosialisasi, dialog publik, seminar, lokakarya, sarasehan dan temu wicara dan sebagainya
Melaksanakan pengelolaan Media Komunikasi melalui Media Cetak dalam bentuk poster, buetin/majalah/suratkabar, leaflet,booklet, brosur, folder, stiker, vcd/dvd, buku agenda, kalender dan sebagainya
Mempersiapkan materi pengelolaan melalui penyebaran informasi publik melalui media luar ruang adalam bentuk Spanduk, Umbul-umbul, Baliho, Poster, Banner, Billboard, Videotron, dan sebagainya
Melaksanakan fasilitasi pengembangan media cetak skala kabupaten
Melaksanakan peliputankegiatan pemerintah daerah
Meneliti permohonan media elektronik dan penempatan/pemasangan materi reklame melalui media luar ruang dalam penerbitan rekomendasi
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal media informasi publik
Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Media Informasi Publik
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Fungsi Perumusan program kerja bidang teknologi informasi dan komunikasi
Perumusan kebijakan teknis infrastruktur dasar Data Center, Disaster Recovery Center dan TIK
Pelaksanaan pengembangan perangkat keras
Penyiapan bahan koordinasi, singkronisasi dan fasilitas bidang infrastruktur TIK, pengembangan aplikasi, dan peningkatan keamanan informasi
Perumusan kebijakan, penyusunan norma standar prosedur kriteria pengembangan aplikasi
Penyelenggaraan ekosistem TIK smart city/smart region
Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Uraian Tugas Merumuskan program kegiatan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Melaksanakan kebijakan teknis Layanan Infrastruktur Dasar Data Center,Disaster Recovery Center dan TIK, Layanan Pengembangan Internet dan pengguna akses internet, layanan Manajemen Data dan Iinformasi e-government, Integarsi Layanan Publik dan Kepemerintahan Layanan Keamanan Informasi e-Government, Layanan sistem komunikasi intra pemerintah kabupaten
Merumuskan bahan pelaksanaan kebijakan untuk pelayanan Infrastruktur Dasar Data Center, Disaster Recovery Centerdan TIK, Layanan Pengembangan Internet dan pengguna akses internet, Layanan Pengembangan Internet dan Pengunaan Akses Internet, Layanan Manajemen Data Informasi e-Government, Intgrasi Layanan Publik dan Kepemerintahan, Layanan Sistem Komunikasi Infra Pemerintah di Kabupaten/Kota
Merumuskan bahan penyusunan norma, standar, prosedur,dan kriteria penyelenggara di bidan layanan Infrastruktur Dasar Data Center, Disaster Recovery Center dan TIK, Layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses internet , Layanan Manajemen Data Informasi-gevernment,Integrasi Layanan Publik dan Kepemerintahan, Layanan Keamanan Informasi E-Government, Layanan Sistem Komunikasi Intra Pemerintah di Kabupaten
Merumuskan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang layanan infrastruktur dasar data center, Disaster Recovery Center TIK, Layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses internet, Layanan Manajemen Data Informasi-Government, Integrsi Layanan Publik dan Kepemeritahan, Layanan Keamanan Informasi-Government, Layanan Sitem Komunikasi Intra Pemerintah di Kabupaten
Merumuskan bahan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan layanan infrastruktur dasar data center, disaster recovery center & TIK, Layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses internet, layanan manajemen data dan informasi e-government,integrasi layanan publik dan kepemerintahan, layanan keamanan informasi e-government Layanan sistem komunikasi intra pemerintah kabupaten
Menyusun bahan perumusan kebijakan Layanan Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintregrasi, Penyelengaraan Ekosistem TIK Smart City, Layanan Nama Domain dan Sub Domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan
Menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan Layanan Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintregrasi, Penyelengaraan Ekosistem TIK Smart City, Layanan Nama Domain dan Sub Domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan
Menyusun bahan norma, standar, prosedur, dan kriteria pentelengaraan Layanan Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintregrasi, Penyelengaraan Ekosistem TIK Smart City Kabupaten, Layanan Nama Domain dan Sub Domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan
Menyusun bahan bimbingan teknis dan supervisi Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintregrasi, Penyelengaraan Ekosistem TIK Smart Kabupaten, Layanan Nama Domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan
Merumuskan bahan evaluasi dan pelaporan Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintregrasi, Penyelengaraan Ekosistem TIK Smart Kabupaten, Layanan Nama Domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Menyusun bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara llisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Infrastruktur TIK
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Teknologi In formasi dan Kommunikasi dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Infrastruktur TIK
Uraian Tugas Menyusun progaram kegiatan Seksi Infrastruktur TIK berdasarakan hasil evalusai kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis Layanan Infrastruktur Dasar Data Center, Disaster Recovery Center, Layanan Pengembangan Intranet dan penggunaan akses internet, Layanan sistem komunikasi intra pemerintah kabupaten
Melaksanakan Layanan Infrastuktur Dasar Data Center, Disaster Recovery Center dan TIK, Layanan Pengembangan Intranet dan penggunaan akses internet, Layanan sistem komunikasi intra pemerintah kabupaten
Melakasanakan penyelenggaraan infrastuktur jaringan SKPD
Melaksanakan Layanan Pengembangan dan Inovasi TIK dalam Implementasie-Government
Melaksanakan Layanan Pengelolaan Akses Internet Pemerintah dan Publik
Melaksanakan interkoneksi jaringan intra pemerintah
Mempersiapkan bahan perencanaan jaringan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi/d>
Mempersiapkan bahan koordinasi, sinkronisasi dan fasilitasidengan lembaga/instansi terkait dalam rangka peningkatan jaringan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan fasilitasidengan lembaga/instansi terkait dalam rangka peningkatan jaringan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Mempersiapkan bahan analisis dalam upaya penguatan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Menyiapkan analisin kebutuhan bandwith dan pengelolaan bandwith jaringan teknologi informasi dan komunikasi
Melaksanakan pemeliharaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Melaksanakan fasilitasi hosting dan collocation
Mempersiapkan bahan rekomendasi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Melaksanakan sosialisasi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Melaskanakan pengawasan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Melaksakan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
Menyelenggarakan ekosistem TIK smart city/ smart region
Menyelenggarakann layanan penyediaansarrana dan prasarana pengendalian smart city
Melaksanakan DRC (Disaster Recovery Center) dan BCP Busines Continuity Plan
Melasanakan pembinaan,pengawasan dan pengendalian menara telekomunikasi, pagelaran kabel internet, TV satelit/ kabel, dam warung internet
Melaksanakan pemberian rekomendasi pengawasan dan pengendalian menara telekomunikasi, pagelaran kabel internet, TV satelit/kabel dan warung internet
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal infrastruktur TIK
Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Infrastruktur TIK
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Aplikasi dan Data Base
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Aplikasi dan Data Base
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Aplikasi dan Data Base berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis Layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi pemerintahan, Layanan Manajemen Data Informasi-Government, Integrasi Layanan Publik dan Kepemerintahan
Mempersiapkan bahan koordinasi, sinkronisasi dan fasilitasi dengan instansi/lembaga terkait dalam rangka pengembangan aplikasi dan database
Melaksanakan layanan pengembangan, dan pengelolaan aplikasi generic, spesifik dan suplemen yang terintegrasi
Menyelenggarakan integrasi layanan publik dan kepemerintahan
Menyelenggarakan ekosistem TIK smart kabupaten
Menyelenggarakan penetapan standart format data dan informasi, walidata dan kebijakan, layanan recovery data dan informasi
Menyelenggarakan layanan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan
Mempersiapkan bahan bimbingan teknis dan supervisi dalam rangka layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrsai
Menyelenggarakan layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik
Menyelenggarakan layanan interoperabilitas
Menyelenggarakan layanan interkoneksi layanan publik dan kepemerintahan, layanan Pusat Aplication Program Interface (API) daerah
Menyelenggarakan layanan pengembangan business process re-engineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintahan (stakeholder smart kabupaten)
Menyelenggarakan layanan sistem informasi smart kabupaten, layanan interaktif pemerintah dan masyarakat
Mempersiapkan layanan implementasi e-Government Smart City, dan promosi pemanfaatan layanan Snart City di Kabupaten
Mempersiapkan layanan pengembangan dan inovasi TIK dalam Implementasi e-Government
Mengelola data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan
Menyiapkan layanan pusat Application Program Interface (API) Daerah
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal aplikasi dan data base
Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Aplikasi dan Data Base
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan keijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Keamanan Informasi
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Keamanan dan Informasi
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Keamanan dan Informasi berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis keamanan informasi
Mempersiapkan layanan filtering content negatif
Mempersiapkan layanan penanganan insiden keamanan informasi
Menyelenggarakan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif
Mempersiapkan layanan keamanan informasi pada sistem elektronik pemerintah daerah
Mempersiapkan layanan pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara negara bagi kepentingan kelembagaan
Mempersiapkan penetapan sub domain terhadap domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat
Mempersiapkan layanan pengelolaan domain dan sub domain pemerintah kabupaten
Mempersiapkan penetapan dan pengubahan nama pejabat domain
Mempersiapkan pengubahan nama domain dan sub domain
Mempersiapkan penetapan tata kelola nama domain dan sub domain
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal keamanan informasi
Menyiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Keamanan Informasi
Melaksanakan monitoring, evaluasi,dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Bidang Tata Kelola e-Gov, Persandian dan Statistik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas pada lingkup Tata Kelola e-Gov, Persandian dan Statistik
Fungsi Penyusunan bahan pedoman/kebijakan tata kelola e-Goverment, Persandian dan Statistik
Perumusan fasilitasi pemberian bimbingan teknis dan supervisi serta pemantauan tata kelola e-Goverment, Persandian dan Statistik
Pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi dan fasilitasi layanan tata kelola e-Goverment, Persandian dan Statistik
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi dalam implementasi tata kelola e-Goverment, Persandian dan Statistik
Uraian Tugas Merumuskan program kegiatan Bidang Tata Kelola e-Gov, Persandian dan Statistik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Melaksanakan kebijakan teknis di bidang tata kelola e-gov, persandian dan statistic
Melaksanakan layanan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pemanfaatan sistem informasi pemerintahan dan sistem informasi publik
Menyusun Layanan Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Sertifikasi Teknis Bidang TIK
Melaksanakan Layanan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Implementasi e-Goverment dan Smart Kabupaten
Melaksanakan layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur pemerintah
Merumuskan kebijakan teknis pengelolaan informasi berklasifikasi milik permerintah
Melaksanakan pengklasifikasian informasi milik pemerintah kabupaten
Melaksanakan proses pengamanan informasi milik pemerintah kabupaten dan pengiriman, pemanfaatan dan penghancuran komunikasi berklasifikasi
Merumuskan kebijakan teknis pengelolaan sumber daya manusia sandi
Melaksanakan rencana kebutuhan sumber daya manusia sandi
Melakukan peningkatan kesadaran pengamanan informasi di lingkungan pemerintah kabupaten melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan seminar
Merumuskan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan seminar
Merumuskan peraturan teknis pengelolaan perangkat lunak persandian, perangkat keras persandian dan jaringan komunikasi sandi
Melaksanakan pengadaan, penyimpanan , distribusi dan pemusnahan perangkat lunak dan perangkat keras persandian
Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan terhadap perangkat lunak persandian dan perangkat keras persandian jaring komunikasi sandi
Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional sandiman
Melaksanakan koordinasi terkait dalam rangka pengembalian dan evaluasi perencanaan pembangunan
Melaksanakan pengumpulan pengolahan dan analisis data hasil pelaksanaan pembangunan
Melaksanakan penyusunan informasi, pelaksanaan perencanaan pembangunan dan hasil-hasil perencanaan pembangunan
Melaksanakan penyusunan kebijakan dan koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah serta sistem dan pelaporan evaluasi kinerja pembangunan
Melaksanakan hubungan kerja di bidang pemantauan dan evaluasi kinerja pembangunan sektoral
Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan penilaian pelaksanaan program, lintas program, prioritas rencana kerja pemerintahan daerah kabupaten
Melaksanakan koordinasi kegiatan pejabat fungsional perencanaan di lingkungan bidang statistik dan pelaporan
Melakukan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal Tata Kelola e-Gov, Persandian dan Statistik
Menyusun bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Bidang Tata Kelola e-Gov, Persandian dan Statistik
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Tata Kelola e-Gov
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Layanan e-Gov, Persandian dan Statistik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Tata Kelola e-Gov
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Tata Kelola e-Gov berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis tata kelola e-Gov
Menyusun layanan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pemanfaatan sistem informasi pemerintahan dan sistem informasi publik
Menyusun bahan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-Goverment kabupaten
Menyusun Layanan Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Sertifikasi Teknis bidang TIK
Menyusun layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur peerintah
Melaksanakan Kooordinasi ke instansi terkait dalam hal tata kelola e-Gov
Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Tata Kelola e-Gov
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Persandian
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Layanan e-Gov, Persandian dan Statistik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Persandian
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Persandian berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis persandian
Menyusun kebijakan keamanan informasi di lingkungan pemerintah kabupaten
Menyusun inventarisasi kebutuhan kebijakan keaman informasi persandian
Mempersiapkan bahan kebijakan tekniss pengelolaan informasi berklasifikasi milik pemerintah
Mempersiapkan bahan proses pengamanan informasi milik pemerintah kabupaten dan pengiriman, penyimpanan, pemanfaatan dan penghancuran komunikasi berklasifikasi
Mempersiapkan bahan kebijakan teknis pengelolaan sumber daya manusia sandi
Menyusun rencana kebutuhan sumber daya manusia sandi
Mempersiapkan bahan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan jaring seminar
Mempersiapkan bahan kebijakan teknis pengelolaan perangkat lunak persandian, perangkat keras persandian dan jaring komunikasi sandi
Mempersiapkan bahan pengadaan, penyimpanan, distribusi dan pemusnahan perangkat lunak dan perangkat keras persandian
Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan terhadap perangkat lunak persandian dan perangkat keras persandian dan jaring komunikasi sandi
Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional sandiman
Melaksanakan Koordinasi ke instansi terkait dalam hal persandian
Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Persandian
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan



Nama Jabatan Kepala Seksi Statistik
Unit Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika
Tugas Pokok Membantu kepala bidang Layanan e-Gov, Persandian dan Statistik dalam melaksanakan tugas pada lingkup Seksi Stastik
Uraian Tugas Menyusun program kegiatan Seksi Statistik berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan teknis stastik
Melaksanakan koordinasi terkait dalam rangka pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan
Melaksanakan pengumpulan pengolahan dan analisis data hasil pelaksanaan pembangunan
Melaksanakan penyusunan informasi, pelaksanaan perencanaan pembangunan dan hasil-hasil perencanaan pembangunan
Melaksanakan perumusan kebijakan dan koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah serta sistem dan pelaporan evaluasi kinerja pembangunan
Melaksanakan hubungan kerja di bidang pemantauan dan evaluasi kerja dan pembangunan daerah dan kinerja pembangunan
Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan penilaian pelaksanaan program, lintas program, prioritas rencana kerja pemerintah daerah kabupaten
Melaksanakan koordinasi kegiatan pejabat fungsional perencanan di lingkungan bidang stastistik dan pelaporan
Melaksanakan koordinasi ke instansi terkait dalam hal stastistik
Mempersiapkan bahan Standar Operasional Prosedur (SOP) Seksi Statistik
Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia
Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis berdasarkan kajian dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk menghindari penyimpangan
Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan